SEA-TVET Seleksi Tingkat Universitas | UNISKA MAB Banjarmasin

CALON PESERTA PERTUKARAN MAHASISWA ANTAR NEGARA
1st BATCH OF SEAMEO VIRTUAL TVET STUDENT EXCHANGE

Seleksi Tingkat Universitas yang diadakan pada tanggal 29 Maret 2022 ini bertujuan untuk memilih mahasiswa/i UNISKA mana yang akan diikutsertakan dalam program Pertukaran Mahasiswa Antar Negara oleh SEAMEO yang akan diadakan secara online/virtual sebagai 1st Batch of SEAMEO Virtual TVET Student Exchange.

Univiersity Level Slection which was held on March 29th 2022 was aimed to decide which students are going to participate in the International Student Exchange held by SEAMEO which will be held online/virtually named as 1st Batch of SEAMEO Virtual TVET Student Exchange.

Kegiatan seleksi ini diikuti oleh 29 mahasiswa/i dari 6 Fakultas di UNISKA yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Studi islam, dan Fakultas Farmasi. Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Rektor IV, Ibu Dr. Galuh Nasrullah Kartika MR, S.Ag., M.Ag. dan Tim Seleksi yang terdiri dari Kepala Biro Kerjasama, Bapak Dr. Hengki, S.S., M.Pd., Kepala Pusat Bahasa dan International Office, Ibu Ratna, S.Pd., M.Pd., dan Bapak Muhammad Fajri, S.Pd. Tim Seleksi bertugas untuk menguji dan menilai para calon peserta tersebut. Acara dimulai dengan sambutan oleh Ibu Galuh dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Hengki dan arahan untuk para calon peserta mengenai kegiatan seleksi tersebut oleh Ibu Ratna.

The selection was participated by 29 students from 6 Faculties in UNISKA which were Economics, Information Technology, Engineering, Agriculture, Islamic Studies, and Pharmacy. The event was also attended by Vice Rector IV, Miss Dr. Galuh Nasrullah Kartika MR, S.Ag., M.Ag.and the Selection Team that consisted of The Head of Partnership Bureau, Mister Dr. Hengki, S.S., M.Pd., The Head of Language Center and International Office , Miss Ratna, S.Pd., M.Pd., and Mister Muhammad Fajri, S.Pd. The Selection Team were in charge of testing and assessing the the participants. The event started with greetings from Miss Galuh and followed by greetings from Mister Hengki and guidance from Miss Ratna regarding the selection event.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tes interview untuk setiap calon peserta. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dimana masing-masing kelompok akan diuji oleh satu orang penguji dari Tim Seleksi. Para peserta secara bergantian diminta memperkenalkan diri mereka secara dan juga menjawab pertanyaan dari penguji maupun peserta lainnya dari kelompok yang sama. Selama proses pengujian tersebut, para peserta maupun penguji menggunakan Bahasa Inggris.

The event then continued with interview test for every participants. The participants were divided into 3 groups where each group was assigned a tester from the Selection Team. All participants were asked to introduce themselves and answer questions from the tester or other participants from the same group. During the test process, the participants and the testers were using English.

The process of the individual interview

Kegiatan dilanjutkan dengan ujian Writing dimana para peserta diminta untuk menuliskan recount text mengenai pengalaman pribadi mereka yang paling berkesan pada kertas yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara. mereka diberikan waktu 1 jam untuk menyelesaikan tes tersebut. Setelah itu hasil tulisan mereka dikumpulkan untuk kemudian diperiksa dan dinilai oleh Tim Seleksi. Acara ditutup dengan beberapa pemberitahuan oleh Pak Hengki kepada para calon peserta mengenai pertukaran mahasiswa virtual ini.

The event then continued with a writing test where the participants were asked to write a recount text regarding their most memorable personal experience on a piece of paper provided by the staff. They have 1 hour to finish the test. After that, their writing were collected to be checked and assessed by the Selection Team. The event was closed with a few announcement for the participants from Mister Hengki regarding the virtual students exchange.

Writing test for the participants